PhET (Physics Education Technology) ialah sebuah situs yang menyediakan simulasi pembelajaran fisika dan kimia yang gratis untuk di download untuk kepentingan pengajaran di kelas atau dapat digunakan untuk kepentingan belajar individu.
Simulasi yang disediakan PhET sangat interaktif yang mengajak siswa untuk belajar dengan cara mengeksplorasi secara langsung. Dalam paket simulasi ini, terdapat berapa simulasi yang dapat Anda gunakan dalam pembelajaran kimia dalam kelas.
Berikut adalah screenshootnya :
Simulasi membuat model atom
Simulasi Bentuk Molekul
Simulasi Skala pH
Simulasi laju reaksi
Simulasi Reaksi Bolak-Balik
Simulasi Wujud Zat
Simulasi Kelarutan Garam
Simulasi PhET ini sendiri mudah digunakan dengan syarat di komputer Anda terinstal program Java dan Flash.
PhET (Physics Education Technology) ialah sebuah situs yang menyediakan simulasi pembelajaran fisika dan kimia yang gratis untuk di download untuk kepentingan pengajaran di kelas atau dapat digunakan untuk kepentingan belajar individu.
Simulasi yang disediakan PhET sangat interaktif yang mengajak siswa untuk belajar dengan cara mengeksplorasi secara langsung. Dalam paket simulasi ini, terdapat berapa simulasi yang dapat Anda gunakan dalam pembelajaran kimia dalam kelas.
Berikut adalah screenshootnya :
Simulasi membuat model atom
Simulasi Bentuk Molekul
Simulasi Skala pH
Simulasi laju reaksi
Simulasi Reaksi Bolak-Balik
Simulasi Wujud Zat
Simulasi Kelarutan Garam
Simulasi PhET ini sendiri mudah digunakan dengan syarat di komputer Anda terinstal program Java dan Flash.
Perhitungan nilai untuk mendapatkan nilai akhir siswa kelas yang akan Ujian Nasional akan sangat merepotkan karena begitu banyak hal yang harus dihitung.
Dalam Posting kali ini saya mau membagikan aplikasi Microsoft Excell yang bisa digunakan untuk menolong menghitung nilai US dan UN sehingga lebih cepat dan sudah pasti memperkecil kekeliruan perhitungan.
Nama Website tempat saya mendownload aplikasi ini ada di dalam folder
Silahkan ditambah daftar nama sesuai jumlah siswa di sekolah Anda dan ingat jangan diedit rumus yang ada karena akan merusak formulanya secara keseluruhan.
1.Topik Soal: Koefisien Reaksi dan Larutan Elektrolit
Koefisien reaksi merupakan langkah penting untuk mengamati proses berlangsungnya reaksi kimia berlangsung.Lengkapi koefisien reaksi-reaksi kimia berikut:
a.Hg+HNO3®Hg2(NO3)2+NO+H2O(1 poin)
b.CuS+HNO3®Cu(NO3)2+NO+H2O + S (1 poin)
c.Au+NO3- + H+ + Cl-®AuCl4-+NO+H2O (1 poin)
Anda melarutkan 1 gram NaCl dalam campuran 90 mL larutan HCl pH=1 dan 10 mL larutan 0,1 M HAsetat (Ka = 1,8 x 10-5).
d.Perkiranlah berapa pH campuran larutan tersebut. (2 poin)
e.Berapa mL larutan NaOH 0,1 M yang dibutuhkan untuk menetralkan semua kandungan asam dalam campuran larutan tersebut. Tuliskan reaksi yang terjadi(3 poin)
f.Setelah semua asam dinetralkan, bagaimana pH larutan tersebut ? Bersifat asam, basa atau netral. Jelaskan jawaban anda (3 poin)
(Sumber: Soal 1, Soal Teori Olimpiade Sains Nasional Bidang Kimia 2006)
2.Topik Soal : Asam Sulfat (12 poin)
Pada label botol asam sulfat pekat tertera data:
Konsentrasi 95-98%, 1 L =1,84 Kg. Mr=98.
Untuk mendapatkan konsentrasi yang tepat, seorang siswa mengambil 5,00 mL larutan pekat ini dan kemudian diencerkan dengan air sampai tepat 500,00 mL. Setelah itu, dia mengambil 2 sampel asam sulfat yang telah diencerkan ini, masing-masing sebanyak 10,00 mL dan dititrasi dengan larutan Natrium hidroksida dengan konsentrasi b M. Diperoleh data pemakaian larutan Natrium hidroksida terdekat sebagai berikut:
Sampel
1
2
Volume Natrium hidroksida mL)
a1
a2
a. Tuliskan persamaan reaksi setara antara larutan asam sulfat dengan natrium hidroksida. (1 poin)
b. Berapa konsentrasi asam sulfat yang telah diencerkan tersebut?Nyatakan jawaban anda dalam a1, a2, dan b dalam satuan M. (3 poin)
c.Hitung persen massa asam sulfat pekat yang dinyatakan dalam a1, a2, dan b. (2 poin)
d. Hitung fraksi mol asam sulfat pekat jika b(a1+a2)= 7,1702. (2 poin)
Kemudian, larutan asam sulfat tersebut diencerkan. Pengenceranterus dilakukan sampai diperoleh larutan dengan konsentrasi 1,0 x10-7 M. Bila diketahui tetapan ionisasi kedua asam sulfat K2 = 1,2x10-2, maka:
e. Tuliskan perbandingan konsentrasi spesi spesi kimia yang setara dengan K2. (1 poin)
f. Tuliskan persamaan konsentrasi spesi-spesi kimia selain [H+] dan [OH-] yang jumlahnya setara dengan 1,0 x10-7M.(2 poin)
g. Hitung pH larutan asam sulfat encer tersebut. (1 poin)
(Sumber: Soal 3, Soal Teori Olimpiade Sains Nasional Bidang Kimia 2006)
3.Topik Soal : Supernova E0102-72 dan Bentuk Molekul (16 poin)
Sisa dari Supernova E0102-72 yang berjarak 200.000 tahun cahaya dari bumi, diketahui memiliki kandungan oksigen milyaran kali lebih banyak dibandingkan dengan kandungan oksigen yang ada di bumi. Karena temperatur yang sangat tinggi, atom oksigen dalam supernova tersebut mengalami ionisasi berulang kali sehingga menjadi spesi yang mirip atom H (O7+). Keberadaan ion ini terdeteksi dari garis Lyman yang sangat spesifik yaitu transisi dari n=2 ke n=1.
a. Hitung panjang gelombang garis Lyman ion O7+ tersebut jika diketahui tetapan Rydberg = 1,0974x107m-1(3 poin)
b. Unsur lain dalam keadaan serupa/mirip hidrogen yang juga terdapat pada supernova tersebut memiliki garis Lyman dengan panjang gelombang 1,2 nanometer (nm). Tentukan nama unsur tersebut.(3 poin)
Berdasarkan teori tolakan pasangan elektron, berbagai molekul senyawa kimia dapat memiliki bentuk geometri tertentu. Molekul tersebut dapat berbentuk lurus,piramida, seperti huruf V, huruf T dan sebagainya. Berdasarkan teori tersebut, gambarkan bentuk molekul senyawa berikut dan perkirakan besar sudut-sudutnya:
H2O, NH3, BrF3, HCN, O3(masing-masing 2 poin)
(Sumber: Soal 4, Soal Teori Olimpiade Sains Nasional Bidang Kimia 2006)
4.Topik Soal : Sifat dan Reaksi Senyawa Organik (23 poin)
a.Terangkan mana yang lebih besar sifat basanya. ( 5 poin)
b.Bagaimana caranya membedakan :
1)1-propilamin dengan etil metil amina. (3 poin)
2)1-propanol dengan etanol (3 poin)
c.1)Tuliskan produk (A, B dan C) dari setiap langkah reaksi. (2 poin)
(Sumber: Soal 6, Soal Teori Olimpiade Sains Nasional Bidang Kimia 2006)
5.Topik Soal: Sel Galvani (15 poin)
Diketahui garam Cr(NO3)3 dan Zn(NO3)2 mudah larut dalam air, pada keadaan standard (25oC, 1 atm, 1 M, potensial reduksi
Cr 3+ (aq) + 3e→Cr (s)Eo red= -0,740 V
Zn2+(aq) + 2e→Zn (s) Eo red= -0,763 V
a. Ramalkanlah apakah logam Cr dapat teroksidasi bila dicelupkan ke dalam larutan Zn(NO3)2, jelaskan. (2 poin)
b. Tuliskanlah notasi sel Galvani yang dibuat dengan elektroda Cr dicelupkan dalam larutan Cr(NO3)3 1 M dan elekroda Zn dalam larutan Zn(NO3)2 1 M. (2 poin)
c. Hitunglah tetapan kesetimbangannya.(3 poin)
d. Perhatikan diagram berikut ini:
i. Hitunglah potensial sel, Esel , pada 25oC. (3 poin)
ii. Tuliskan reaksi spontan yang terjadi jika sel tersebut digunakan, tunjukkan mana anoda dan katodanya.(3 poin)
iii. Bila jembatan garam adalah NaNO3, maka kearah mana ion NO3- akan mengalir. (1 poin)
iv. Berapa potensial sel (Esel) jika sel galvani tersebut mati?(1 poin)
(Sumber: Soal 7, Soal Teori Olimpiade Sains Nasional Bidang Kimia 2006)
6.Topik Soal: Analisis Kualitatif (10 poin)
Seorang siswa melakukan percobaan reaksi identifikasi larutan air (aqueous) senyawa anorganik sebagai berikut:
Asam klorida
Asam sulfat
Kalium iodida
Natrium hidroksida
Kertas lakmus biru
Timbal (II) nitrat
Barium klorida
Natrium
sulfat
Tembaga (II) sulfat
Ammonium klorida
Dari pengamatan reaksi – reaksi tersebut, ternyata ada yang bereaksi dan teramati namun ada pula yang bereaksi dan tidak teramati oleh mata secara langsung. Catat perkiraan pengamatan siswa tersebut dengan cara membubuhkan tanda:
( ↓ ) = apabila terjadi reaksi dan terbentuk endapan
( ↑ ) = apabila terjadi reaksi dan terbentuk gas
( - )= apabila tidak terjadi reaksi kimia.
Tuliskan pula produk reaksinya.
(Sumber: Soal 8, Soal Teori Olimpiade Sains Nasional Bidang Kimia 2006)
7.TopikSoal:Senyawa Organik (12 poin)
Mengenai reaksi-reaksi dibawah ini, gambarkan dan tuliskan bagaimana mekanismereaksinya!
(Sumber: Soal 9, Soal Teori Olimpiade Sains Nasional Bidang Kimia 2006)
8.Topik Soal : Identifikasi Senyawa Organik (16 poin)
Suatu senyawa organik mempunyai rumus molekul C5H8O2 (A). Untuk menentukan struktur A, dilakukan reaksi sebagai berikut:
a.Bila A direduksi akan menghasilkan n-pentana. (2 poin)
b.dan apabila direaksikan dengan NH2OH membentuk oksim. (3 poin)
c.A memberikan reaksi positif terhadap reaksi Tollen’s. (3 poin)
d.dan A juga dapat membentuk iodoform. (3 poin)
Tulis semua reaksi yang dipakai untuk menentukan rumus bangun A. (5 poin)
(Sumber: Soal 11, Soal Teori Olimpiade Sains Nasional Bidang Kimia 2006)